Strategi Personal Branding

Strategi personal branding

Strategi personal branding – Belakangan ini anda tentu kerap mendengar istilah personal branding.  Istilah yang satu ini kerap digunakan banyak orang sebagai sebuah gambaran diri mereka masing-masing. Seperti pengertian dari personal branding itu sendiri. Yang mana merupakan strategi untuk membentuk citra pada diri seseorang sehingga masyarakat lainnya dapat melihat. Dan menilai dari pencapaian serta prestasi yang dimiliki seseorang tersebut.

Sedangkan tujuan dilakukannya personal branding ini yaitu sebagai daya tarik dan juga peluang bagi diri seseorang. Apabila anda memiliki kuatitas diri yang baik, unik dan kompeten dalam melakukan suatu hal tentu dapat menarik orang lain. Untuk ingin tahu lebih detail tentang diri anda dan juga mendapatkan kredibilitas.

Dengan demikian anda bisa menjadi lebih mudah diingat dan dikenal oleh banyak orang. Tak hanya itu saja, bagi anda yang sedang bekerja. Ada juga peluang untuk bisa mendapatkan promosi ataupun kenaikan jabatan karena adanya personal branding tersebut.

Maka dari itulah untuk membentuk branding diri yang baik, beberapa strategi personal branding ini perlu anda lakukan. Berikut adalah tiga tips strategi personal branding guna mempromosikan dan menciptakan citra diri agar anda lebih menarik, unik dan juga dikenal banyak orang.

Pahami dan Kenali Diri Anda

Hal yang satu ini merupakan dasar yang wajib kita ketahui. Dalam membentuk strategi personal branding anda harus tahu dan mengenali secara mendalam tentang diri anda terlebih dahulu.

Tahu apa saja yang menjadi keunggulan serta kelemahan yang dimiliki. Untuk mengetahui hal ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Perlu adanya fokus diri. Anda bisa memulainya dengan cara menulis daftar kekurangan serta kelebihan diri.

Anda juga bisa memanfaatkan orang sekitar untuk membantu memberikan penilaian terhadap kelemahan dan kelebihan yang anda miliki. 

Lalu setelah anda mampu untuk mengenali diri sendiri maka barulah kini waktunya anda untuk menentukan tujuan personal branding tersebut.

Strategi personal branding berikutnya mengharuskan anda untuk tahu kemana branding diri anda ditujukan. Maksudnya disini yaitu bagaimana anda ingin orang lain mengenal diri anda. 

Dalam menentukan tujuan ini anda tentunya harus menampilkan kualitas dan juga keunggulan diri kepada orang lain. Namun yang wajib untuk diperhatikan dalam menentukan tujuan branding ini yaitu  tetap harus disesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki.

Menentukan Siapa Target Anda

Untuk strategi personal branding berikutnya anda perlu menentukan siapa saja orang-orang ataupun audiens yang akan menjadi target anda.

Target ini nantinya akan berpengaruh bagi personal branding yang akan anda buat nantinya. Maka dari itu anda harus benar-benar dalam menentukan target tersebut. 

Seperti misalnya jika anda ingin melamar pekerjaan maka buatlah branding diri yang sesuai dengan apa posisi yang anda lamar dan sering lakukanlah promosi di beberapa platform pencari kerja. Lalu apabila anda ingin menjadi seorang pengajar ataupun tutor maka personal branding yang anda ciptakan harus menyasar sesuai dengan hal tersebut. 

Namun yang wajib untuk diingat dan diperhatikan sekali lagi yaitu dalam strategi personal branding yang anda buat harus sesuai dengan kemampuan diri dan jati diri.

Konsisten dan Perbanyak Relasi

Strategi personal branding yang terakhir ini juga tak luput pentingnya. Dengan melakukan branding diri yang konsisten pada platform yang dipilih akan membantu memudahkan anda untuk diingat oleh orang lain. 

Anda juga bisa membuat konten bagi brending diri anda dengan mnerapkan konsistensi yang berkelanjutan.

Selanjutnya yaitu perbanyaklah relasi atau networking. Dengan melakukan strategi personal branding yang satu ini dapat membantu anda untuk menemukan komunitas sengan interest yang sama dengan diri anda. 

Semakin banyak relasi yang anda miliki maka semakin luas pula citra diri anda dikenali orang.

Nah bagi anda yang ingin membangun strategi personal branding dengan perbanyak kemampuan dan skill, relasi ataupun memanfaatkan platform online maka online learning yang satu ini bisa menjadi solusinya. 

YUPS online learning merupakan pusat belajar online yang menyediakan banyak sekali materi baik itu tentang platform online, branding, bisnis dan lain sebagainya. 

Bagi anda yang tertarik ikut kelasnya bisa langsung mengunjungi website yupsonline.com dan gabung menjadi membernya sekarang juga.

 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *