Kelas Menulis Buku Cerita

Kelas Menulis Buku Cerita

Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk mengekspresikan diri mereka. Bukan hanya kepribadian mereka, banyak orang memiliki banyak hal untuk dibagikan. Mulai dari kisah mereka, suatu kejadian, cerita bahkan imajinasi mereka. Itulah sebabnya, hingga saat ini masih banyak orang mengambil kelas menulis buku cerita.

Menulis sebuah cerita agar bisa dijadikan sebuah buku merupakan sebuah penghargaan bagi kita jika kita bisa mewujudkannya. Sebab, tidak semua hasil dari tulisan yang telah kita buat bisa dijadikan sebuah buku. Terdapat banyak pertimbangan untuk hal tersebut. Melalui kelas menulis buku cerita, kita akan diajarkan banyak hal salah satunya ialah cara menulis yang baik dan benar untuk bisa dijadikan sebuah buku. Berikut beberapa pengetahuan yang akan diajarkan ketika mengambil kelas menulis buku cerita:

  1. Ilmu Story Telling

Ilmu terpenting dalam suatu cerita adalah story telling. Maksud dari story telling adalah tentang bagaimana cara kita menulis suatu cerita agar bisa dipahami oleh pembaca. Hal tersebut menyangkut tentang bagaimana cara kita menggambarkan tokoh melalui tulisan kita, lalu cara kita menjelaskan suatu detail latar untuk bisa dibayangkan oleh pembaca, dan kemudian tentang bagaimana kita menceritakan suatu kejadian di dalam cerita untuk bisa membuat pembaca terhanyut ke dalam cerita tersebut.

Kadang kita sering memiliki ide ataupun sebuah cerita yang luar biasa lalu berfikir bahwa dunia harus mengetahuinya juga. Nah, cara dunia mengetahui ide ataupun cerita kita adalah dengan menceritakan hal tersebut yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa melalui cerita secara langsung, menunjukkannya atau mengambarkan melalui lukisan atau gambaran ataupun menulisnya.

Ilmu itu disebut sebagai ilmu story telling. Dimana hal tersebut sangat penting untuk kita miliki ketika kita ingin menulis dan membukukan cerita hasil kita. Melalui kelas menulis buku cerita, kita akan belajar ilmu tersebut. Kita akan mempelajari satu persatu segala hal terkait story telling agar kita bisa membuat sebuah cerita menarik ketika di baca oleh orang lain. Dengan begitu, cerita kita bisa tersampaikan dengan baik.

  1. Ilmu Kaidah Kepenulisan

Lalu ilmu kedua ialah kaidah-kaidah kepenulisan agar bisa dijadikan sebuah buku. Terdapat beberapa aturan yang biasanya dijadikan patokan oleh penerbit sebelum menerbitkan buku cerita. Selain dari cerita yang menarik dan mudah untuk di pahami, hal kedua adalah penulisannya. Dalam menulis buku cerita, kita perlu memperhatikan EYD dan kaidah kebahasaan yaitu Indonesia ketika kita menulis dalam bahasa Indonesia.

Menulis berdasarkan kaidah bahasa Indonesia akan membuat tulisan kita memiliki daya keterbacaan tinggi. Sehingga akan memanjakan mata pembacanya. Apabila tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik, bisa dibayangkan bahwa tulisan akan terasa begitu acak-acakan. Kita sendiri pasti merasa tidak nyaman dan pusing bahkan sebelum membacanya. Untuk itulah, menulis berdasarkan kaidah bahasa yang baik dan benar sangat penting apabila kita ingin tulisan diterbitkan dan dijadikan buku untuk dipublish di khalayak umum.

Kedua hal di atas merupakan benefit yang akan kita dapat apabila mengikuti kelas menulis buku cerita. Salah satu contohnya ialah kelas yang diberikan oleh yupsonline.com. Bersama yupsonline.com, kita akan mendapatkan ilmu untuk story telling yang baik dan tata cara menulis berdasarkan kaidah bahasa Indonesia agar bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Oleh karena itu, segera kunjungi yupsonline.com dan ikuti kelas menulis buku cerita sekarang!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *