5 Cara Jitu Menggunakan Hashtag tiktok biar viral

Hastag tiktok biar viral

Hastag tiktok biar viral. Pernah dengar kata FYP(For Your Page)? Ya, betul sekali. Sebuah istilah untuk halaman utama pada Tiktok yang menampilkan sederet konten-konten viral. Pengen kontenmu menjangkau lebih banyak viewers? Pengen kontenmu masuk FYP? Nah, Salah satu cara yang umum adalah dengan menggunakan hashtag tiktok biar viral. Namun untuk hasil yang optimal, kamu perlu tahu dulu nih penggunaan hashtag yang tepat itu seperti apa. 

Banyak dari kita terlalu fokus pada keinginan untuk sekedar viral, sehingga menghalalkan berbagai cara. Termasuk dengan cara yang kontroversi. Seperti halnya menggunakan hashtag dengan kejadian yang sedang booming, tetapi tidak sesuai dengan konteks. Memang hal itu bisa membuat konten cepat viral, tapi cepat juga untuk redup. Konten seperti itu cenderung viral untuk sesaat dan tidak bertahan lama. Maka, sebelum membuat konten, pastikan kamu menentukan apa tujuan dan nilai dari kontenmu tersebut. Konten yang mempunyai value (nilai) akan memberi pengaruh pada penonton, kemudian memicu respon mereka untuk memberi like, komentar, ataupun share. Selain itu lakukanlah riset mengenai hashtag yang tepat supaya konten baikmu itu bisa viral dan mendapat banyak views. 

Apa sih Hashtag Tiktok?

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata hashtag. Sebah frasa tanpa spasi yang berupa kata kunci, dengan awalan tagar “#” sebelum frasa. Contohnya, #hijabtutorial #foodlovers #videolucu dan lain sebagainya. 

Penggunaan hashtag ini bertujuan untuk memudahkan pencarian konten dengan tema atau kata kunci yang sama. Ini juga berlaku untuk menemukan konten-konten populer atau yang sedang trending saat itu. Itulah mengapa penggunaan hashtag erat kaitannya dengan branding strategis. So, dari sekarang gunakan lah hashtag tiktok biar viral.

Manfaat menggunakan Hashtag

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa penggunaan hashtag ini mempunyai banyak manfaat. Terutama sebagai alat branding strategis. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Menjangkau lebih banyak viewers atau penonton. Gunakanlah hashtag sesuai dengan topik kontenmu
  • Menaikan engagement. Ketika kontenmu mempunyai banyak yang melihat dan mempunyai banyaknya interaksi dengan penonton, otomatis engagement akan naik 
  • Cara ampuh dalam mempromosikan brand kamu
  • Mempermudah target pasar menemukan brand mu
  • Memberimu ide konten yang kreatif, hal ini kamu dapat dengan mudah mendapatkan inspirasi dengan melihat konten orang lain
  • Menggunakan hashtag Tiktok biar viral

Itu lah mengapa penting sekali menggunakan hashtag dalam setiap postinganmu. 

Cara jitu menggunakan Hashtag Tiktok

Agar kontenmu tepat sasaran dan menjangkau banyak orang, maka ini beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan agar penggunaan hashtag dapat optimal. 

  1. Lakukan riset konten sesuai dengan industri brand yang kamu geluti. Jika brand mu berada pada industri digital, maka lakukan riset tentang hashtag apa saja yang umum digunakan dalam industri tersebut. 
  2. Analisa hashtag dari kompetitor brand mu. Tidak ada salahnya untuk mengetahui strategi apa yang kompetitor pakai, sehingga kamu juga dapat belajar dari mereka. 
  3. Gunakan hashtag yang tidak terlalu panjang dan secukupnya saja. Baiknya kamu gunakan 5-7 hashtag yang relevan dalam satu postingan. Pertimbangkan juga panjang caption yang kamu buat. Tiktok membatasi penggunaan caption hanya 300 karakter. 
  4. Lakukan uji coba hashtag sebagai strategi. Kamu dapat menggunakan sekelompok hashtag untuk hari yang berbeda. Misalnya, pada hari senin-rabu menggunakan hashtag yang berbeda dengan kumpulan hashtag yang kamu pakai hari kamis-minggu. Dengan begitu kamu dapat menganalisis kelompok hashtag mana yang banyak menghasilkan engagement.

Itulah beberapa cara jitu menggunakan hashtag Tiktok biar viral yang dapat kamu aplikasikan. Semoga membantu. 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *